Alpha Investasi | Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Pemula

Logo Alpha Investasi

Berapa Minimal Jumlah Uang untuk Beli Saham

Daftar Isi
Minimal Jumlah Uang untuk Beli Saham

Investasi saham menjadi salah satu cara yang populer untuk meningkatkan kekayaan dan membangun portofolio keuangan. Namun, pertanyaan umum yang sering muncul, terutama bagi pemula, adalah “Berapa jumlah minimal uang yang diperlukan untuk memulai investasi saham?”

Jumlah uang yang diperlukan untuk berivestasi saham sangat bergantung pada harga dari saham yang kita pilih untuk investasi serta berapa banyak lembar saham yang kita beli. Semakin mahal harga saham dan semakin banyak lembar saham yang ingin kita beli tentunya akan memerlukan uang yang banyak. Jika kamu pemula dalam investasi saham, kami akan gunakan saham-saham terlikuid di Bursa sebagai contoh, berikut daftar saham indeks LQ45 yang telah kami urutkan dari paling mahal hingga yang termurah.

*harga saham per 14 Maret 2024

Sekarang mari kita coba hitung saham termurah dan saham termahal versi LQ45. Pembelian minimal 1 lot atau 100 lembar.

Saham Termurah (GOTO)Saham Termahal (ITMG)
Harga 1 LotRp 70Rp 27,400
Minimal dana yang Dibutuhkan = Harga Saham x 100 lembar Rp 7,000Rp 2,740,000 

Terlihat bukan perbedaan jumlah uang yang dibutuhkan bergantung pada harga saham yang ingin kita beli. Namun, perlu kamu catat, perhitungan ini tidak termasuk biaya transaksi, jadi pastikan untuk mempertimbangkan biaya tersebut untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top