Alpha Investasi | Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Pemula

Logo Alpha Investasi

Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2023, Yuk Simak!

Daftar Isi
Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2023

Salah satu strategi penting yang bisa dilakukan oleh investor saham adalah mengikuti strategi investasi investor institusi atau investor individu tertentu.

Hal ini karena investor-investor tersebut memiliki dana investasi yang besar, sehingga apapun strategi yang mereka lakukan bisa merubah sentimen pasar.

Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi investor-investor individu tersebut?

Salah satu caranya adalah dengan mengetahui daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes pada tahun 2023.

Meskipun tidak semua orang terkaya ini merupakan investor saham, namun apabila suatu saat nanti mereka masuk pasar, kamu sudah bisa mulai berhati-hati.

Lalu, siapa saja daftar orang terkaya di Indonesia tersebut?

Berikut ini 7 di antaranya:

1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong

Sumber: CNBC Indonesia

Nama Low Tuck Kwong mungkin masih asing di telinga kamu, namun tentunya tidak dengan PT Bayan Resources Tbk.

Low Tuck Kwong merupakan pendiri sekaligus pemegang saham terbesar di perusahaan batubara ini.

Tercatat hingga Mei 2023, Low memiliki saham BYAN sebesar 60,98% atau naik lebih dari 5% dibandingkan dengan kepemilikannya pada tahun 2021 lalu.

Maka dari itu, tidak heran jika jumlah kekayaannya cukup dipengaruhi dengan harga saham BYAN.

Pasalnya, saham BYAN sempat menjadi salah satu saham termahal di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sepanjang tahun 2022, harga saham perusahaan ini naik dari Rp22.000 per lembar hingga puncaknya menjadi Rp 76.000 per lembar.

Seiring dengan penurunan harga saham perusahaan ini pasca isu inflasi dan resesi, maka kekayaan Low Tuck Kwong juga menurun.

Maka dari itu, tidak heran jika menurut pemberitaan terbaru, posisi Low sebagai orang terkaya di Indonesia kini tergeser oleh Budi Hartono.

2. Budi Hartono

Budi Hartono

Sumber: Okezone

Budi Hartono adalah salah satu pemilik dari 3 brand besar di indonesia, yaitu Djarum, Bank BCA dan aplikasi e-commerce, Blibli.

Menurut informasi terbaru, perusahaan investasi milik Hartono Bersaudara, yaitu PT Dwimuria Investama Andalan merupakan pemilik 54,94% saham BBCA, dan PT Global Investama Andalan memiliki 83,6% saham BELI atau Blibli.

Selain pada tiga perusahaan tersebut di atas, beberapa sumber menyebutkan bahwa perusahaan ini juga memiliki lini bisnis di bidang lainnya, yaitu di bidang media dengan memiliki lisensi Mola TV, berinvestasi di Visinema Pictures dan perusahaan elektronik Polytron.

Dengan lini bisnis yang bervariasi ini, maka tidak heran jika Forbes mencatat Budi Hartono sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai Rp394 triliun.

3. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono

Sumber: Okezone

Group Djarum sebenarnya tidak dikembangkan oleh Budi Hartono seorang, tetapi bersama kakaknya yang bernama Michael Bambang Hartono.

Michael Bambang Hartono adalah kakak dari Budi Hartono dengan jarak usia kurang lebih 1 ½ tahun.

Selain berwirausaha, Michael Bambang Hartono tercatat juga menggemari olahraga Bridge dan bahkan menjadi atlet yang mewakili Indonesia pada perhelatan ASIAN Games pada tahun 2018 lalu.

Michael Bambang Hartono tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 22,8 miliar atau sekitar Rp342 triliun.

Meskipun demikian, sebagai pemenang medali perunggu pada perhelatan ASIAN Games tersebut, Michael Bambang Hartono tetap mendapatkan apresiasi berupa hadiah uang tunai dari pemerintah.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

Sumber: Bisnis.com

Sri Prakash Lohia adalah orang terkaya nomor 4 di Indonesia per bulan Mei 2023 dengan total kekayaan mencapai US$ 7,1 miliar atau sekitar 106 triliun rupiah (dengan kurs Rp 15,000 untuk satu dolar).

Kekayaan ini tidak diperoleh olehnya dengan cara yang mudah.

Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, Sri Prakash Lohia beserta keluarganya pindah dari India ke Indonesia pada tahun 1972 dan mendirikan Indorama Corporation.

Indorama Corporation adalah perusahaan yang memproduksi berbagai bahan-bahan kimia, seperti polyethylene, polypropylene, polyester, spandek dan lain sebagainya.

Untuk menghindari perpecahan, perusahaan ini kemudian dibagi menjadi 3 pada tahun 1980-an.

Sementara bisnis Lohia berada di Indonesia, dua saudaranya masing-masing berpindah ke India dan Thailand.

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu

Sumber: Lifepal

Di posisi ke-5 ada Prajogo Pangestu, pendiri perusahaan produsen bahan-bahan kimia yang bernama PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Menurut informasi dari IDN Financial, Pangestu memiliki 70,85% saham perusahaan ini.

Melalui BRPT juga, Pangestu juga mengendalikan perusahaan produsen bahan-bahan kimia lainnya yaitu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Baik BRPT maupun TPIA merupakan konstituen indeks LQ45 atau merupakan saham blue chip.

Selain BRPT dan TPIA, Prajogo Pangestu juga memiliki lini bisnis di bidang lain, seperti energi terbarukan, properti dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tidak heran jika Forbes mencatat pria kelahiran Bengkayang, Kalimantan Barat ini sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 5,3 miliar atau sekitar 79,5 triliun rupiah.

6. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Sumber: CNBC Indonesia

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono adalah pemilik dari Harita Group, sebuah holding perusahaan yang memiliki banyak bisnis.

Termasuk diantaranya adalah Bumitama Agri Ltd, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang listing di Bursa Efek Singapura, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL), salah satu perusahaan tambang nikel terbesar di Indonesia, Cita Mineral Investindo, perusahaan tambang bauksit dan perusahaan sekuritas bernama Harita Kencana Sekuritas.

Berbagai perusahaan tersebut tidak beliau kelola sendiri, melainkan dibantu dengan anak-anaknya.

Maka dari itu, tidak heran dengan usia beliau yang saat ini mencapai 94 tahun, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono masih memiliki kekayaan hingga US$ 4,1 miliar atau sekitar 74, 3 triliun rupiah.

7. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Sumber: Detik Finance

Tentu nama Chairul Tanjung sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Salah satu orang terkaya di Indonesia yang dipanggil dengan sebutan anak singkong ini merupakan pendiri dari CT Corp, sebuah perusahaan yang menaungi banyak brand ternama di Indonesia, seperti Trans TV, Trans 7, Bank Mega, Allo Bank Carrefour, Transmart, dan masih banyak lainnya.

Chairul Tanjung lahir dari seorang ayah bernama A.G. Tanjung yang bekerja sebagai reporter dan mendirikan majalah yang kemudian dibredel oleh rezim orde baru.

Akibat dari hal ini, Chairul Tanjung harus memulai bisnisnya benar-benar dari bawah dengan menjual kaos dan buku semasa kuliah di Universitas Indonesia.

Perlahan-lahan, bisnis ini kemudian membaik dan pada tahun 1987, Chairul Tanjung mendirikan CT Corp.

Hingga saat ini, CT Corp telah berhasil menjadikan Chairul Tanjung sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 4,9 miliar atau setara dengan Rp73, 5 triliun.

Nah, itu tadi 7 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023.

Meskipun pergerakan transaksi jual beli saham yang mereka lakukan tidak ada salahnya untuk diikuti, namun kamu tetap harus menganalisis kinerja saham tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya.

Sebab, saham apa yang sesuai dengan kebutuhan orang-orang tersebut di atas belum tentu sesuai dengan tujuan investasi kamu.

Baca juga: Apa Itu Investasi? Simak Pengertian, Cara & Contohnya

Scroll to Top