Alpha Investasi | Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Pemula

Logo Alpha Investasi

Apa Itu Investasi Saham? dan Bagaimana Keuntungannya?

Daftar Isi

Investasi saham memang sering terdengar dikehidupan kita sehari-hari, namun terkadang kita masih belum mengerti hingga ragu untuk memulainya. Lalu, sebenarnya apa itu investasi saham? serta Bagaimana cara mendapatkan keuntungan?

Apa Itu Investasi Saham?

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha ke sebuah perusahaan sehingga mereka memiliki klaim atas perusahaan tersebut.

Nah, jadi jika kamu membeli saham suatu perusahaan, maka kamu akan menjadi salah satu pemilik dan berhak atas laba perusahaan tersebut. Laba perusahaan yang kamu dapat biasanya disebut dividen. Selain itu, sebagai pemegang saham kamu juga berhak untuk berpartisipasi dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang biasanya diadakan beberapa kali dalam setahun.

Baca juga: Yuk Ketahui Pengertian Saham, Cara, Serta Keuntungannya

Tujuan Investasi Saham

Tujuan Investasi Saham

Sebelum memulai berinvestasi sebaiknya kamu menentukan tujuan terlebih dahulu. Seperti halnya dalam menjalankan hidup, sebagai investor kamu harus memilki tujuan dalam berinvestasi saham.

Nah, untuk membantu kamu menentukan tujuan dalam investasi saham, berikut adalah poin-poin yang dapat kamu terapkan.

  1. Tujuan yang pertama adalah untuk mengembangkan aset atau modal yang kamu punya. Sehingga modal kita bertumbuh seiring dengan berkembangnya perusahaan.
  2. Mendapatkan penghasilan tambahan atau passive income.
  3. Mencari penghasilan jangka panjang.
  4. Modal untuk pengembangan usaha.

Saham Berdasarkan Sektor Perusahaan

Per tanggal 23 September 2022 terdapat 810 perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk dapat diperjualbelikan oleh masyarakat. Secara umum, perusahaan-perusahaan tersebut dibagi lagi ke dalam 12 sektor sebagai berikut :

  1. Energi
  2. Barang baku
  3. Perindustrian
  4. Barang konsumen primer
  5. Barang konsumen non-primer
  6. Kesehatan
  7. Keuangan
  8. Properti & real estate
  9. Teknologi
  10. Infrastruktur
  11. Transportasi & logistic
  12. Produk investasi tercatat

Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham

Investasi saham biasanya memang akan sangat berpengaruh baik pada kondisi finansial kita di masa depan. Menurut Indonesia Stock Exchange, ada dua keuntungan investasi saham yang dapat kamu peroleh jika membeli saham.

Berikut adalah keuntungan dalam investasi saham.

1. Potensi Mendapatkan Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual saham. Misalnya, jika kamu membeli saham sebuah perusahaan dengan harga Rp 10.000 per lembar dan kemudian menjualnya dengan harga Rp 15.000 per lembar, maka capital gain yang kamu peroleh adalah Rp 5.000 per lembar. Potensi capital gain ini bisa sangat menguntungkan jika harga saham perusahaan yang kamu miliki terus naik. Capital gain biasanya diperoleh dari aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder, di mana saham diperjualbelikan setelah penawaran umum perdana (IPO).

2. Mendapatkan Dividen Saham

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham, Dividen ini dapat dibayarkan dalam bentuk tunai atau saham tambahan.

  • Dividen Tunai: Ini adalah pembayaran langsung dalam bentuk uang tunai kepada pemegang saham. Misalnya, jika perusahaan memutuskan untuk membayar dividen tunai sebesar Rp 500 per saham dan kamu memiliki 100 saham, kamu akan menerima Rp 50.000.
  • Dividen Saham: Ini adalah pembayaran dalam bentuk saham tambahan. Misalnya, jika perusahaan memberikan dividen saham sebesar 10%, dan kamu memiliki 100 saham, kamu akan menerima 10 saham tambahan, sehingga totalnya menjadi 110 saham.

Dividen ini bisa menjadi sumber passive income yang stabil dan menguntungkan, terutama jika perusahaan yang kamu investasikan memiliki kinerja yang baik dan secara konsisten membagikan dividen.

Investasi Saham: Fleksibilitas dan Kemudahan

Investasi saham saat ini menjadi lebih mudah dan fleksibel berkat teknologi dan internet. Berikut adalah beberapa kemudahannya:

  • Akses Online: Pembelian dan penjualan saham dapat dilakukan secara online melalui platform atau aplikasi saham. Ini memudahkan investor untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang langsung ke bursa efek.
  • Aplikasi Saham: Banyak broker atau perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi saham dengan antarmuka yang user-friendly. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk memantau harga saham, melakukan analisis, dan melakukan transaksi dengan cepat dan efisien.
  • Informasi Real-time: Investor memiliki akses ke informasi pasar secara real-time, termasuk harga saham, berita terkini, dan analisis pasar, yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan investasi.

Baca Juga: Cara Investasi Saham untuk Pemula

Your subscription could not be saved. Please try again.
Your subscription has been successful.

Update Info Financial Terbaru

Scroll to Top