Alpha Investasi | Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Pemula

Logo Alpha Investasi

Cara Investasi Saham untuk Pemula yang Mudah dan Tepat

Daftar Isi
Cara Investasi Saham untuk Pemula

Untuk kamu yang ingin memulai investasi saham caranya sangatlah mudah. Kenapa bisa dibilang mudah?. Karena semua orang yang sudah memiliki kartu tanda penduduk atau KTP bisa melakukan investasi saham. Bagi kamu yang ingin memulai investasi saham, jangan khawatir. Berikut ini telah kami rangkum beberapa cara investasi saham yang benar.

Yuk, simak bersama!

1. Pelajari Dasar-dasar Investasi Saham untuk Pemula

Sebelum terjun langsung ke dunia investasi saham, penting untuk memahami ilmu dasar saham. Pelajari konsep dasar seperti bagaimana saham diperdagangkan, faktor-faktor yang memengaruhi harga saham, dan risiko yang terkait dengan investasi saham. Pemahaman ini akan memberikan dasar yang kuat sebelum memulai proses investasi.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas Saham Terpercaya untuk Pemula

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk investasi saham adalah menentukan dan memilih perusahaan sekuritas sebagai tempat untuk bertransaksi jual beli saham. Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara jual beli saham dan membantu kamu untuk memproses pembukaan rekening atau rekening dana nasabah (RDN) pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perusahaan sekuritas biasanya telah mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi perantara dalam jual beli saham. Saat ini kebanyakan perusahaan sekuritas sudah memiliki aplikasi saham online yang memudahkan kamu untuk melakukan jual beli saham.

3. Gunakan Modal Kecil Saat Memulai Investasi Saham

Untuk mengurangi risiko, disarankan untuk memulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Ini memungkinkan pemula untuk belajar tanpa mengambil risiko besar. Dengan modal kecil, Anda dapat merasakan dinamika pasar saham tanpa terlalu terbebani oleh potensi kerugian besar.

4. Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening Dana Nasabah atau RDN adalah rekening saham yang wajib kamu punya untuk melakukan transaksi jual beli saham. Dikarenakan investasi saham itu sendiri mirip dengan tabungan yang perlu memiliki rekening, sehingga kamu perlu membuka rekening saham.

Rekening RDN dapat kamu buat di tempat perusahaan sekuritas yang telah kamu pilih.

5. Pilih Saham dengan Hati-hati

Setelah memiliki RDN, kamu dapat langsung memilih saham yang akan dibeli.

Namun, sebelum memutuskan membeli saham dari sebuah perusahaan, pastikan kamu mengetahui dan mencari tahu mengenai perusahaannya terlebih dahulu. Kamu juga bisa membaca laporan keuangan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kinerja perusahaan tersebut lewat IDX atau Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jadi, pastikan lagi perusahaan yang akan kamu investasikan sahamnya, jangan asal beli ya!

Untuk awal berinvestasi saham, kamu juga bisa memilih perusahaan yang memilki kondisi keuangan yang baik dan sudah beroprasi bertahun-tahun lamanya. Di dunia investasi saham, jenis perusahaan ini biasanya disebut dengan perusahaan blue chip.

Baca juga: Daftar Saham Blue Chip Terbaru di Tahun 2023

6. Pelajari Analisis Saham

Pemula perlu terus belajar dan meningkatkan pemahaman tentang analisis saham. Pahami analisis fundamental dan analisis teknikal untuk membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pemula dapat memulai perjalanan investasi saham dengan cara yang tepat dan lebih percaya diri.

Nah, itulah beberapa cara investasi saham untuk pemula. Tidak begitu sulit bukan?

Your subscription could not be saved. Please try again.
Your subscription has been successful.

Update Info Financial Terbaru

Scroll to Top