Alpha Investasi | Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Pemula

Logo Alpha Investasi

Pahami Arti Cuan: Panduan Lengkap dan Cara Mengoptimalkannya

Daftar Isi
Ilustrasi Cuan

Tahukah kamu bahwa banyak kata informal atau slang words Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai istilah dalam dunia investasi? Salah satunya adalah kata ‘cuan,’ yang mungkin familiar dari sinetron atau tayangan televisi jaman dahulu. Apa sebenarnya arti cuan dan makna kata tidak baku ini dalam konteks investasi? Temukan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Cuan?

Cuan berasal dari Bahasa Mandarin atau Hokkien ‘zhuan/choan/cuan’ yang artinya keuntungan. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh pedagang Tionghoa di Indonesia dan semakin populer di dunia keuangan.

Dalam investasi, arti cuan merujuk pada keuntungan yang diperoleh investor dari capital gain atau dividen. Sebaliknya, boncos mengindikasikan kerugian saat harga jual instrumen investasi lebih rendah daripada harga belinya. Jadi, cuan secara harfiah berarti keuntungan.

Baca juga: Cara Mencapai Financial Freedom Beserta Pengertiannya

Jenis-jenis Cuan dalam Investasi

1. Capital Gain

Ilustrasi Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan investasi yang diperoleh dari selisih harga jual dengan harga beli instrumen investasi tersebut.

Istilah ini biasa digunakan untuk investasi pada saham, obligasi, cryptocurrency, forex maupun instrumen investasi lainnya.

Semakin tinggi selisih antara harga jual dan harga beli instrumen investasi kamu, maka semakin besar pula nilai capital gain yang akan kamu dapatkan.

Misalnya, kamu membeli saham BUMI sebanyak 3 lot ketika harga saham tersebut masih sebesar Rp60 atau Rp18.000 untuk 3 lot dan kamu menjualnya ketika harga saham ini mencapai Rp120 per lembar atau Rp36.000 untuk 3 lot, maka bisa dikatakan kalau kamu mendapatkan capital gain sebesar Rp18.000.

Namun, untuk menghitung nominal capital gain ini kamu harus hati-hati.

Sebab, seringkali investor membeli instrumen yang sama dengan harga berbeda di waktu yang berbeda.

Baca juga: Pengertian, Arti & Cara Menghitung Capital Gain

2. Dividen

Dividen adalah sebagian laba perusahaan yang dibagikan kepada investor.

Berbeda dengan capital gain yang bisa diperoleh kapan saja asalkan nilai harga jual instrumen lebih besar dibandingkan dengan harga pembeliannya, pembagian dividen perusahaan harus disepakati terlebih dahulu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

Pembagian dividen juga bergantung pada laba perusahaan.

Beberapa perusahaan yang cukup mapan bisa membagikan dividennya minimal satu tahun sekali, namun ada juga perusahaan yang belum bisa membagikan dividennya sama sekali atau membagikan dividen hanya sekali dalam beberapa tahun.

Baca juga: Pengertian Dividen, Arti dan Cara Menghitung Dividen

Cara Agar Cuan dalam Berinvestasi

Ilustrasi Cuan Dalam Investasi

1. Pilih Saham yang Rajin Membagikan Dividen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwasanya ada beberapa saham yang membagikan dividennya minimal satu kali dalam satu tahun.

Bahkan tidak jarang saham tersebut memiliki jadwal rutin pembagian dividen, sehingga kamu bisa tahu kapan harus membelinya.

Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa update dengan berita-berita saham terkini, atau bisa juga dengan mengawasi corporate action dari saham yang masuk indeks High Dividen 20.

Baca juga: Apa Itu Saham? Simak Pengertian, Cara & Keuntungan Saham

2. Memilih Saham dengan Likuiditas dan Fundamental yang Bagus

Jika tips yang pertama digunakan untuk kamu yang ingin mendapatkan cuan dalam bentuk dividen, maka tips yang kedua ini digunakan untuk mendapatkan cuan dalam bentuk capital gain.

Sederhananya jika sebuah saham memiliki likuiditas dan fundamental bagus, tentunya akan ada banyak investor yang tertarik untuk membeli saham tersebut.

Akibatnya, permintaan dan harga saham tersebut pun meningkat.

Lebih lanjut lagi dengan likuiditas yang bagus, kamu juga bisa mendapatkan harga jual yang sesuai dengan keinginan.

Sebab, saham dengan likuiditas bagus cenderung tidak memiliki gap harga yang terlalu besar dalam setiap ordernya.

Baca juga: Cara Beli Saham Beserta Tips untuk Pemula

3. Pilih Instrumen Investasi dengan Risiko Tinggi

Ingin memaksimalkan cuan dari investasi?

Maka, kamu bisa memilih instrumen investasi dengan risiko yang relatif tinggi seperti saham.

Namun, kamu juga perlu ingat bahwa semakin tinggi tingkat keuntungan yang ditawarkan dalam sebuah instrumen investasi, maka semakin tinggi pula risiko untuk mendapatkan kerugian (high risk high return).

Oleh sebab itu jika kamu memilih memaksimalkan keuntungan dengan cara ini, pastikan kamu memilih instrumen investasi dengan hati-hati.

Cek terlebih dahulu kondisi fundamental dan teknikalnya dengan cermat sebelum membeli.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai makna kata cuan dalam dunia investasi.

Selain kata cuan, ada banyak istilah slang lain yang harus kamu pelajari dalam dunia investasi dan trading.

Misalnya, saham gorengan, fear of missing out (FOMO), bandwagon effect dan masih banyak lainnya.

Demikian penjelasan mengenai Arti Cuan, Pelajari istilah-istilah tersebut dan tetap terupdate dengan artikel terbaru dari Alpha Investasi!

Scroll to Top